-->

Virus Ransomware WannaCry yang Menyerang 99 Negara

    Halo Guys, baru - baru ini sedang terjadi penyerangan Virus Ransomware WannaCry di dunia. Di perkirakan virus ransomware ini menyerang hampir 100 negara dan termasuk negara kita Indonesia. Di Indonesia virus ini sudah menyebar pada hari jumat tanggal 12 Mei 2017 yang terjadi pada rumah sakit di Jakarta. 

     Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (MENKOMINFO) Rudiantara mengatakan, Wanna Cry Ransomware menyerang sistem IT Rumah Sakit Kanker Dharmais. "Virusnya disebar random," kata Rudi.

     Di Inggris, sebanyak 16 rumah sakit terpaksa tutup. Sebab, saat para pekerja rumah sakit berusaha untuk mengakses komputer, mereka menemukan tuntutan untuk memberikan USD300 (Rp4 juta) dalam bitcoin.


 
     Dari tampilan diatas diketahui bahwa Wannacry meminta ransom atau dana tebusan agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dengan USD300. Wannacry memberikan alamat bitcoin untuk pembayarannya. Di samping itu juga memberikan deadline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga.

     Virus Ransomware WannaCry ini katanya akan menyerang beberapa perusahaan, rumah sakit, perbankan, sekolah, dan PC / Laptop yang keamanannya lemah, sehingga mudah ditembus.

     Pengamat Siber Ruby Alamsyah menuturkan, rumah sakit menjadi korban paling banyak lantaran komputer di instansi tersebut beroperasi selama 24 jam. Keamanan sistem operasinya pun tidak terjaga.

"Apalagi komputer untuk layanan, itu harus hidup setiap hari selama 24 jam," ungkap Ruby.

     Ruby khawatir serangan ransomware Wannacry ini belum sampai puncaknya. Ia meminta para pengguna komputer dan ahli IT untuk berhati-hati.

     Guna mengantisipasi serangan virus tersebut, pengguna diminta tidak terhubung dengan jaringan internet saat menyalakan komputer. Pengguna juga diimbau untuk memindahkan data ke USB atau HardDisk.

     Virus RansomewareWannacry menginfeksi sebuah komputer dengan meng-encrypt seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke komputer windows lain pada jaringan yang sama.

     Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wannacry.

Cara -  cara yang dapat dilakukan jika sudah terkena virus ransomware wannacry:

Kalo udah masuk ke Virus .wcry
1. Masuk ke Safe Mode
2. Klik Safe Boot -> minimal, Klik Ok dan Restart
3. Setelah direstart masuk ke Control Panel -> Folder Options -> Show Hidden File lalu klik Apply
4. Masuk ke msconfig -> Startup -> Disable Program yang mencurigakan atau tidak diketahui, klik ok dan Klik "Exit without Restart"
5. Hapus File Berbahaya (File Virusnya Semua)
6. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan:
%TEMP%
%APPDATA%
%ProgramData%
(Jika ada folder / File Wanna Cry hapus langsung)
7. cek host file, karena itu bisa corrupt sama si Virus
Letak host:
C:\windows\System32\drivers\etc
nanti ada file host lalu buka pake notepad
(Disitu jika ada situs yang ga diketahui, maka hapus langsung)
8. nah abis itu, masuk lagi ke msconfig terus disable Safe Mode klik ok lalu Restart
9. Setelah direstart, tidak ada "Decryption Tool" sekarang, tapi ente dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah
10. Sekarang ente bisa lihat versi lama dari file yang terenskripsi
11. Hapus File bernama:
Readme.txt.WCRY
License.txt.WCRY
History.txt.WCRY
!Please Read Me!.txt
!WannaDecryptor!.exe

     Dan katanya dari beberapa group di fb, saya menemukan jika sudah terkena ransomeware wannacry masukkan kode berikut: WNcry@2ol7


     Cara memasukkan coba klik gambar gembok atau asal klik saja di virusnya jika muncul pop-up suruh masukin kodenya, masukin aja kodenya yang diatas.

Semoga bermanfaat bagi kalian semua khususnya sya, semoga yang kena ransomeware wannacry cepat diatasi di dunia khusunya Indonesia.

Terima Kasih.
Labels: Teknologi

Thanks for reading Virus Ransomware WannaCry yang Menyerang 99 Negara. Please share...!

3 Comments on Virus Ransomware WannaCry yang Menyerang 99 Negara

  1. segitu gemparnya ya virus itu,makasih sudah kasih solusi cara penanganannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang berbahaya ini virus, untung skrng sdh hilang ini virus

      Delete

Back To Top